Senin, 10 Januari 2011

I Love You

Anak dan istriku. Perhatikan efek filter love di latar belakang foto
Tentu saya mencintai anak istri dan anda pembaca blog saya. Tapi kali ini saya hendak bercerita tentang love yang lain, yaitu filter love. Filter ini tidak ada di pasaran so kita yang membuatnya sendiri dengan kertas karton. Dan.. tidak harus berbentuk love tentunya.


Filter ini sangat sederhana. Yang anda butuhkan hanya karton, spidol hitam, gunting, cutter dan segudang imajinasi. Anda bisa membuat lubang berbentuk segitiga, panah, burung, logo batman dan lainnya. Ukuran lubang sebaiknya tidak terlalu besar agar efeknya bisa jelas terlihat.

Efek dari filter ini terlihat pada background foto yang out of focus (blur/buram karena diluar fokus) dan terang, misal pada lampu atau celah-celah antara daun di pohon. Semakin tidak fokus backgroundnya maka semakin jelas bentuknya. Oleh sebab itu maka lensa yang cocok dipadukan dengan filter ini adalah lensa yang punya bukaan besar yang mampu membuat background out of focus dengan mudah, seperti lensa 50mm f/1.8.

Setelah karton digunting dan dilubangi maka hendaknya diberi warna hitam dengan bantuan spidol. Hal ini agar tidak ada warna lain yang muncul di foto. Sekalipun nanti di foto akan muncul efek vignette (menggelap di pinggiran), warna vignettenya akan tetap terlihat netral.

Ayo tunggu apa lagi. Bikin sekarang juga dan tebar cinta dimana-mana.

1 komentar: