Senin, 10 Januari 2011

Mitos Megapixel

Bila anda pergi ke toko hendak membeli kamera maka kemungkinan besar penjual akan mengusulkan anda membeli kamera dengan megapixel yang tinggi dengan alasan “lebih bagus”. Apa iya benar begitu?

Jawabnya ya dan tidak.

"Ya" bagi mereka yang membutuhkan resolusi tinggi dan bisa menjamin lingkungan bekerja selalu dalam kondisi cahaya yang cukup dan "tidak" bagi mereka yang cukup dengan mengandalkan cahaya alami dan tidak membutuhkan foto beresolusi tinggi seperti kebanyakan dari kita.

Penjelasan

Sensor penangkap gambar
Megapixel (= juta pixel) adalah satuan jumlah titik (pixel) sensor cahaya pada sebuah bidang berbentuk kotak. Sensor ini adalah penangkap gambar di kamera anda. Anda bisa membayangkannya sebagai sebuah matriks dua dimensi yang memiliki panjang dan lebar. Semakin besar megapixel berarti semakin banyak pula titik penyusun matriks tersebut dan semakin kecil titik-titik sensornya. Semakin kecil titik sensornya maka semakin buruk pula daya tangkapnya terhadap cahaya (ini adalah hukum fisika dan kita tidak bisa mengubahnya). Semakin buruk daya tangkapnya mengakibatkan data warna yang terekam semakin tidak akurat. Singkatnya, warna di foto dapat menjadi buram dan penuh titik-titik yang mengganggu.

Noise terlihat sebagai bintik-bintik
Salah satu kelebihan dari megapixel yang tinggi adalah kita bisa mencetak foto lebih besar. Bila kamera 6 megapixel bisa dicetak hingga 25,5 x 17 cm maka kamera 12 megapixel bisa dicetak hingga 36 x 24cm (dengan asumsi pencetakan dengan resolusi ideal 300 titik per inci). Tentu anda bisa mencetak lebih besar daripada angka di atas tapi cetakan foto anda akan mengalami penurunan ketajaman (hasil cetak foto dari kamera 6 megapixel ke ukuran cetak 60 x 90 cm terlihat baik-baik saja dari jarak normal, bukan dari jarak sangat dekat).

Adakah kelebihan kamera bermegapixel rendah? Ada. Kamera bermegapixel lebih rendah lebih mampu menghasilkan warna-warna yang lebih natural dan masih mampu menghasilkan foto yang baik pada kondisi redup tanpa tata cahaya tambahan. Hal ini karena titik-titik sensornya lebih besar sehingga bisa menangkap cahaya lebih banyak pada waktu yang lebih singkat dan lebih bersih dari noise.

Pada umumnya hasil foto kamera bermegapixel tinggi akan baik-baik saja pada kondisi pencahayaan yang cukup seperti pagi dan siang hari. Kekurangan kamera ini baru akan terlihat pada foto yang diambil pada saat cahaya redup seperti magrib dan malam hari.

Lalu siapa yang diuntungkan dari kamera bermegapixel tinggi? Mereka yang bekerja berhubungan dengan media cetak seperti majalah dan periklanan. Umumnya mereka selalu menggunakan tata cahaya sendiri sehingga tidak terpengaruh kondisi cuaca, dengan demikian kamera bermegapixel tinggi mereka selalu dapat menghasilkan gambar yang baik.

Jika seumur hidup anda belum pernah mencetak foto lebih besar dari 5R maka anda akan baik-baik saja dengan kamera 3 megapixel.

Demikian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar