Senin, 10 Januari 2011

Mendapatkan Langit Biru

Beberapa orang bertanya kepada saya lewat telepon dan messenger bagaimana caranya kok bisa foto-foto saya langitnya biru sekali, bagaimana cara menyetel kameranya. Bahkan ada yang nanya merk kamera segala :). Semua pertanyaan tentang langit biru saya jawab disini.

Saya mendapatkan foto dengan langit biru ya karena memang sedang ada langit biru di langit, sama pastinya dengan mendapatkan foto kucing karena memang ada kucing disana. :)

Satu hal yang harus disadari adalah tidak mungkin memotret kapan saja dan dimana saja lalu kamera secara ajaib menghadirkan langit biru di hasil akhirnya. Itu tidak akan pernah terjadi. Anda harus berada di tempat yang tepat, menunggu waktu yang tepat, menghadap ke arah yang tepat untuk mendapatkan langit biru yang anda idam-idamkan.

Contohnya, untuk mendapatkan foto bunga di atas saya menunggu hingga hampir dua minggu lamanya karena di hari-hari sebelumnya kadang hujan, kadang langit tidak cerah, bunganya sudah keburu layu, ada mobil parkir di sebelahnya dan lain-lain. Seorang sahabat bahkan harus menunggu hingga berbulan-bulan lamanya untuk mendapatkan foto bunga berlatar belakang biru karena di Inggris tempat tinggalnya cuacanya selalu mendung.

Saya tahu bahwa di Jakarta misalnya, sangat sulit mendapatkan langit biru karena sehari-harinya warna langit Jakarta adalah abu-abu. So anda mau tidak mau harus keluar Jakarta untuk mendapatkan langit biru pada latar belakang foto anda. Atau anda bisa menunggu hingga langit Jakarta pas sedang berwarna biru. Atau anda bisa melakukan post processing dengan Photoshop atau sejenisnya untuk membirukan langit anda (ini sangat tidak disarankan).

Untuk anda yang masih ragu, berikut ini foto-foto yang diambil dengan ponsel:


Nah sekarang sudah siap memotret langit biru anda sendiri?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar