Senin, 10 Januari 2011

Lensa Makro "Gratis"


Sudahkan anda tahu bahwa dengan membalik lensa SLR maka anda akan mendapatkan “lensa makro”? Yaitu lensa dengan kemampuan memperbesar subyek foto hingga beberapa kali lebih besar dari aslinya. Dengan sedikit kesabaran maka kemampuan “gratis” ini bisa kita manfaatkan untuk memotret benda-benda kecil atau pernak-pernik (ingat eBay?).


Membalik lensa dilakukan benar-benar dengan membalik lensa dan memasangnya di kamera dengan bagian depan berada di belakang dan mounting menghadap subyek. Lensa yang menurut saya cocok untuk memotret pernak-pernik minimal memiliki panjang lensa 50mm (anda boleh menggunakan panjang lensa berapa saja sesuka anda). Untuk kali ini saya menggunakan lensa 28-80 yang saya selotip di posisi 80mm.

Agar lensa tidak lepas dari bodi kamera maka anda bisa memeganginya sepanjang waktu atau bisa juga dengan membeli adaptor khusus untuk membalik lensa yang tersedia di toko peralatan fotografi.

Saya memilih diafragma f/8 hingga f/16 untuk foto pernak-pernik semacam ini. Hal ini dikarenakan jarak pemotretan yang sangat dekat dan kita butuh semua detail subyek. Saya menghindari menggunakan bukaan f/2.8 hingga f/4 karena biasanya di hasil foto akan terasa kurang detail. Tapi ini tidak wajib, tergantung selera dan subyek fotonya.

Bila anda pengguna lensa Nikon, anda bisa mengubah bukaan diafragma dengan memutar gelang diafragma pada lensa (saya sarankan anda menggunakan lensa selain seri G karena tidak memiliki ring diafragma).

Bila anda pengguna SLR Canon maka cara untuk memilih diafragma adalah dengan memasang lensa dengan cara normal terlebih dahulu, lalu pilih angka diafragma anda (gunakan mode M atau A supaya mudah). Setelah itu tahan tombol DOF preview sambil melepas lensa anda dari dudukannya. Voila! Lensa Canon anda sudah “fixed” di diafragma yang anda pilih tadi.

Selamat mencoba.

3 komentar: