Senin, 10 Januari 2011

Noise? No Problem.

Noise pada foto digital adalah bintik-bintik yang “mengganggu” kejernihan warna dan detail pada foto. Noise digital ini berasal dari sisa-sisa sinyal elektronik yang tertangkap oleh sensor gambar. Noise bertambah jelas apabila setelan ISO ditinggikan. Noise juga ada bila anda menggunakan kamera film, juga pada ISO tinggi. Noise ini berasal dari butiran-butiran bahan kimia sensitif cahaya pada lembaran film.

Bila anda memiliki foto dengan noise yang tinggi janganlah bersedih, jangan buang foto anda, jangan hilangkan momen penting pada foto tersebut hanya gara-gara masalah noise. Masih ada banyak cara untuk memanfaatkan foto anda tersebut.

Hilangkan dengan tool noise remover

Bila anda benar-benar ingin menghilangkan noise maka ada beberapa software yang bisa membantu anda. Tools ini dapat menghilangkan noise pada foto dan mempertahankan detail sebisa mungkin. Tool semacam Noise Ninja (www.picturecode.com) dan Neat Image (www.neatimage.com) dapat anda coba. Tools-tools ini juga menyertakan beberapa setelan dan anda bisa memilih yang paling cocok untuk foto anda.

Ubah foto ke hitam putih

Gunakan software editing foto semacam Photoshop untuk mengubah foto anda menjadi hitam putih. Anda juga bisa tambahkan nuansa kekuningan agar terlihat seperti foto tua. Sekarang foto anda jadi tampil lebih artistik daripada sebelumnya!

Biarkan saja!

Betul. Biarkan saja ada noise. Saya pribadi tidak ada masalah dengan noise pada foto. Saya suka noise. Banyak hal lain seperti komposisi, ekspresi dan lain-lain yang lebih penting daripada noise.

Coba perhatikan iklan-iklan yang terpasang di mal-mal. Kebanyakan foto tersebut diambil bukan oleh sembarang fotografer melainkan fotografer yang sudah punya reputasi tinggi. Apakah foto-foto tersebut semuanya super bersih? Tidak. Kebanyakan justru banyak sekali noise, entah asli dari sananya atau ditambahkan kemudian. Fotografer lebih mementingkan unsur-unsur artistik lainnya pada foto, bukan menghabiskan waktunya memikirkan noise. Selain itu hasil foto mereka jadi tambah seru, menarik dan artistik.

So, masih merasa bermasalah dengan noise?

1 komentar: