Minggu, 09 Januari 2011

Kamera “Z” Bagus Nggak?

Kamera digital SLR
Sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan dan saya selalu balik bertanya kepada si penanya, buat dipakai dimana dan motret apa? :)

Kita punya standar dan kebutuhan berbeda, oleh karena itu kita bisa saja butuh kamera yang berbeda spesifikasi pula. Kamera yang dianggap bagus oleh si A belum tentu memuaskan kebutuhan si B dan sebaliknya. Oleh karena itu, sebelum meminang sebuah kamera ada baiknya dillihat dulu kebutuhan Anda.

Jika anda ingin memiliki kamera yang mudah dibawa kemana-mana, tidak mau pusing dengan segala setelan dan tidak mempermasalahkan kualitas warna dan gambar (selama tidak terlalu parah tentunya) maka selamat buat anda, ada banyak kamera di luar sana untuk anda. Silakan pilih kamera poket merk dan warna casing apa saja yang anda sukai, sesuai dengan budget anda.

Jika anda ingin belajar fotografi dan tidak ingin kamera yang besar dan mahal semacam DSLR (Digital Single Lens Reflex), silakan pilih kamera poket yang memiliki setelan manual. Tanyakan pada si penjual tentang kamera poket yang memiliki mode P,A,S dan M (mode-mode ini memungkinkan anda “ikut campur” dalam eksekusi pengambilan foto). Cukup banyak pilihan untuk anda.

Mode P,A,S dan M
Jika anda memiliki dana cukup besar, silakan pilih kamera DSLR yang sesuai dengan dana anda. Silakan pilih DSLR dari kelas tertinggi yang bisa dijangkau dengan budget, karena harganya cukup mahal bila anda harus beli lagi bila anda ingin ‘naik kelas’. Jangan lupa sisihkan budget untuk membeli lensa-lensa yang berkualitas karena investasi sebenarnya ada di lensa, bukan bodi kamera. Untuk merk silakan pilih merk kesukaan anda, baik juga jika disamakan dengan komunitas fotografi di sekitar anda agar suatu saat bisa saling pinjam-meminjam lensa (karena dudukan lensa ke bodi kamera berbeda-beda hampir di setiap merk maka kita tidak bisa menggunakan lensa merk A di kamera merk B).

Selamat memilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar